Laman

Jumat, 10 Maret 2017

Mujizat Rasul Petrus

Mujizat Petrus:
1. Menyembuhkan orang lumpuh di Gerbang Indah Kis 3:1-10
2. Menghidupkan Tabita Kisah 9:36-40
3. Menyembuhkan Eneas yang lumpuh Kisah 9:32-35
4. Menyembuhkan banyak orang sakit Kisah 5:12-16

1. Petrus menyembuhkan orang lumpuh di Gerbang Indah (Kis 3:1-10)

Pada suatu hari Petrus dan Yohanes pergi ke Bait Allah pada pukul tiga sore, yaitu pada waktu untuk berdoa.Di sana di pintu gerbang yang disebut "Gerbang Indah", ada seorang laki-laki yang lumpuh sejak lahir. Setiap hari orang itu dibawa ke sana untuk mengemis kepada orang-orang yang masuk ke Rumah Tuhan.

Ketika orang itu melihat Petrus dan Yohanes sedang masuk ke Rumah Tuhan, ia minta mereka memberikan sesuatu kepadanya.Maka mereka menatap dia, kemudian Petrus berkata, "Pandanglah kami!"

Lalu orang itu memperhatikan mereka dengan harapan akan mendapat sesuatu dari mereka.

Tetapi Petrus berkata kepadanya, "Aku tidak punya uang sama sekali. Tetapi apa yang ada padaku, itu akan Aku berikan kepadamu: Dengan kuasa Yesus Kristus orang Nazaret itu, berjalanlah!"

Lalu Petrus memegang tangan kanan orang lumpuh itu dan menolong dia bangun. Langsung kaki orang itu dan mata kakinya menjadi kuat. Lalu ia melompat berdiri, dan mulai berjalan ke sana kemari. Kemudian ia masuk ke Bait Allah bersama-sama Petrus dan Yohanes, sambil berjalan dan melompat-lompat dan memuji Allah.

Semua orang melihat dia berjalan dan memuji-muji Allah.

Lalu mereka menyadari bahwa dialah pengemis yang biasanya duduk di "Gerbang Indah" di Bait Allah. Mereka heran sekali dan kagum melihat apa yang terjadi kepadanya.

2. Petrus Menghidupkan Tabita (Kisah 9:36-40)

Di Yope ada seorang wanita bernama Tabita. Ia seorang yang percaya kepada Yesus. (Namanya di dalam bahasa Yunani ialah Dorkas). Ia selalu saja melakukan hal-hal yang baik dan menolong orang-orang miskin.
Pada waktu itu ia sakit lalu meninggal dunia. Setelah jenazahnya dimandikan, ia diletakkan di kamar yang di atas.

Yope tidak seberapa jauh dari Lida. Jadi pada waktu pengikut-pengikut Yesus di Yope mendengar Petrus berada di Lida, mereka mengutus dua orang pergi kepada Petrus dengan pesan ini, "Cepat-cepatlah datang kemari."

Petrus langsung bangun dan mengikuti mereka. Setibanya di sana, ia dibawa ke kamar yang di atas. Semua janda di situ mengerumuni Petrus sambil menangis dan menunjukkan kepadanya baju-baju dan jubah-jubah yang dijahitkan Dorkas untuk mereka waktu ia masih hidup.

Petrus menyuruh mereka semuanya keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Setelah itu ia menghadap jenazah Dorkas dan berkata, "Tabita, bangun!" Maka Dorkas membuka mata, dan ketika ia melihat Petrus, ia duduk.

3. Petrus Menyembuhkan Eneas yang lumpuh (Kisah 9:32-35)

Petrus pergi ke mana-mana mengunjungi jemaat-jemaat. Pada suatu hari ia mengunjungi umat Tuhan yang tinggal di Lida.

Di sana ia berjumpa dengan seorang laki-laki bernama Eneas, yang lumpuh dan sudah tidak bangun-bangun dari tempat tidurnya delapan tahun lamanya.

Petrus berkata kepada Eneas, "Eneas, Yesus Kristus menyembuhkan engkau. Bangunlah dan bereskan tempat tidurmu." Saat itu juga Eneas bangun.

Semua penduduk di Lida dan Saron melihat Eneas, lalu mereka semuanya percaya kepada Tuhan

4. Petrus Menyembuhkan banyak orang sakit (Kisah 5:12-16)

Karena pelayanan rasul-rasul maka banyak keajaiban dan hal-hal luar biasa terjadi di antara masyarakat. Dengan sehati semua orang percaya berkumpul di Serambi Salomo di Rumah Tuhan. Dan orang luar tidak ada yang berani datang berkumpul dengan orang-orang percaya itu. Tetapi orang-orang percaya itu sangat dihormati oleh masyarakat. Dan makin lama makin bertambah banyak orang-orang yang percaya kepada Tuhan--baik laki-laki maupun wanita.

Malah keadaan menjadi sebegitu rupa, sehingga orang-orang sakit ditaruh di atas tempat tidur atau tikar, lalu dibawa ke jalan, supaya mereka paling sedikit bisa terkena bayangan Petrus, kalau Petrus sedang melewati tempat itu.

Berduyun-duyun orang-orang datang dari kota-kota sekitar Yerusalem. Mereka membawa orang-orang yang sakit dan yang kemasukan roh-roh jahat. Dan orang-orang itu disembuhkan semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar